Minggu, 29 Januari 2012

Yoghurt, Jajanan Sehat yang Menyegarkan



     Jajanan sehat dan menyegarkan dapat dipenuhi dengan adanya yoghurt. Yoghurt merupakan susu olahan yang telah dipermentasi. Jajanan yang satu ini  bisa Anda temui di Depot 5 Suran Farm’s yang berada di kawasan Ciawi Bogor.   
   Rahasia kenikmatan dan segarnya dari yoghurt buatan Suran Farm’s, ini berasal dari perpaduan susu segar dan sari buah asli yang diraciknya, sehingga menjadikan yoghurt ini tetap terasa berbeda. Bukan itu saja pengolahannya pun sangat higineis, sehingga aman dikonsumsi dan terjamin mutunya.
   “Keunggulan lain yoghurt yang dibuat disini memiliki rasa yang khas. Cita rasa buah-buahan dan jelly didalamnya membuat rasanya lebih enak, menyegarkan dan sangat baik untuk kesehatan.,” kata Sulche, pengelola Suran Farm’s kepada Gesit beberapa waktu lalu.
    Ia menjelaskan, yoghurt merupakan susu asam hasil olahan dari susu sapi atau kambing PE dengan cara difermentasi, sehingga rasanya asam dan manis. Ada beberapa manfaat yoghurt, diantaranya dapat mengatasi gangguan pencernaan, rasa mual, diare atau gejala sakit perut lainnya.
    Selain yoghut dan hard ice cream, Suran Fam’s juga menjual susu murni kambing PE (Peranakan Etawa). “Susu kambing PE ini berkhasiat untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti diabetes, asam urat, asma atau paru-paru,” tambah Sulche.
     Sementara bagian produksi, Nano mengatakan, bahwa pembuatan aneka olahan susu ini dikerjakan oleh tangan-tangan terampil dan menggunakan peralatan yang memadai. “Untuk menjaga mutu, yoguhrt dan ice cream ini dikemas secara mekanis, ada yang berbentuk cup dan kemasan plastik. Sedangkan bahan baku yang digunakan adalah susu berkualitas tinggi yang diperoleh dari hasil peternakan milik Suran Farm’s sendiri,” ungkapnya.
    Nano menyebutkan untuk pembuatan 100 cup yoghurt dan 40 cup ice cream per harinya dibutuhkan 60 sampai 80 liter susu sapi dan kambing PE. Sementara ini Suran Farm’s memiliki 80 ekor kambing PE dan 25 ekor sapi. Dari setiap satu ekor sapi minimal menghasilkan 1 liter susu/hari. Sedangkan kambing PE menghasilkan susu 2 liter per hari.
    “Semua produk olahan seperti yoghurt, hard ice cream dan kafir susu, kami kerjakan di Dapur Suran 55. Sementara untuk pemasarannya kami siapkan di Depot 5, yang buka mulai pukul 08 sampai 17.00,” pungkas Nano.  (iskandar/Gesit)     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar